Deklarasi Damai, Bupati Minta Aparat Antisipasi Potensi “Perjudian” Pilkades - www.okenews.net

Selasa, 28 Februari 2023

Deklarasi Damai, Bupati Minta Aparat Antisipasi Potensi “Perjudian” Pilkades

Pose bersama saat apel Deklasi Pilkades Damai
Okenews.net -  Potensi “perjudian” dalam kontestasi politik dinilai masih mewarnai dinamika pemilihan termasuk pemilihan kepala desa. Hal ini dikhawatirkan akan memicu mobilisasi suara calon tertentu.

Terkait hal itu, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy berharap aparat penegak hukum seperti jajaran polisi sektor, Polmas, Babinsa serta para petugas di lapangan mengantisipasi kejadian tersebut.

Bupati tidak ingin orang-orang yang terlibat dalam perjudian tersebut justru memberikan pengaruh terhadap hasil Pilkades nantinya dan menguntungkan calon tertentu.

"Perjuadian harus diantisipasi," tegas Sukiman saat apel deklarasi damai dalam rangka pemilihan kepada desa serentak di Lombok Timur Tahun 2023 dilaksanakan (28/02/2023) di Polres.   

Menurutnya, mobilisasi pemilih dari luar desa atau dari dusun pun diingatkan harus dapat diantisipasi sedini mungkin agar tidak berpengaruh pada proses keberlangsungan Pilkades tersebut.

“Kadang-kadang ada oknum-oknum tertentu yang mengarahkan masa dari desa lain dan juga ikut mencoblos di desa itu karena menginginkan kemenangan kepada calon-calon tertentu,” terangnya.

Oleh kerena itu, ia berharap panitia penyelenggara, termasuk panitia tingkat kabupaten, calon Kades, petugas keamanan dapat melaksanakan tugas secara akuntabel dan sesuai regulasi.

Dengan demikian, pelaksanaan Pilkades serentak di Lombok Timur dapat berjalan dengan aman dan damai, sebagaimana yang telah dideklarasikan.

Bupati juga mengingatkan pentingnya pelibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam upaya menjaga kondusifitas Pilkades tersebut.

Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono pada kesempatan itu menegaskan komitmen pihaknya mengawal Pilkades serentak tersebut agar berjalan aman dan sukses.

Komitmen sama juga ditegaskan Kasdim 1615/ Lombok Timur Mayor Inf. Lalu Muhammad Syukur. Ia juga mengajak semua pihak menyukseskan Pilkades serentak ini.

Diharapkannya pula masyarakat di 53 desa yang mengikuti Pilkades ini dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik dan sesuai hati nurani.

Sebagai bukti keseriusan, pada apel yang dihadiri pula Forkopimda dan pimpinan OPD tersebut, seluruh calon kepala desa menandatangani naskah deklarasi damai.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments