Keren...! Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara 1 Olimpiade Akuntansi - www.okenews.net

Minggu, 14 Mei 2023

Keren...! Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara 1 Olimpiade Akuntansi

Para juara olimpiade akuntansi bersama pembinanya
Okenews.net - Prestasi akademik dan non akademik siswa MAN 1 Lotim memang sudah tidak diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan ragam prestasi yang diraih dalam berbagai kompetisi yang digelar berbagai pihak.

Pada bulan Mei 2023, Universitas Mataram menggelar olimpiade dua bidang studi matematika (fakultas MIPA dan akuntansi (Fakultas Ekonomi) diikuti pelajar SMA/sederajat se-NTB.

Pada olimpiade matematika itu, 2 siswa MAN 1 Lotim berhasil menyingkirkan kompetitornya dengan meraih juara 1 dan 3. Sementara olimpiade akuntansi, tim siswa MAN 1 Lotim kembali merebut juara 1 setelah menyingkirkan lawan-lawannya yang hebat.

Tim akuntasi ini terdiri atas Lalu Muhammad Naufal Ar-Rasyid (kelas XI MIIA 1), Siti Aliyatul Mubarokah (kelas XI MIIA 1), dan Meydina Maryam (kelas XI IIS 1). 

Pada kompetisi ini, 2 tim MAN 1 Lotim berhasil melaju ke babak final, namun tim A belum bisa meraih prestasi juara. 

Sementara tim B sukses meraih juara 1, disusul tim SMAN 2 Mataram juara 2, dan juara 3 diraih SMAN 1 Praya yang diumumkan Sabtu 13 Mei kemarin.

Dalam lomba ini, sistem seleksinya terdiri dari dua babak. Pada babak penyisihan, siswa harus menyelesaikan 125 soal dengan waktu 120 menit.

"Hasilnya, 5 tim terbaik melaju ke final untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3," kata Humas MAN 1 Lotim L Dedi Mardono didampingi pembina Study Club Ekonomi M Zakaria.

Atas prestasinya, tim MAN 1 Lotim berhasil mendapatkan piala, sertifikat juara, bingkisan serta uang pembinaan Rp 1.100.000.

L Dedi menegaskan, capaian prestasi demi prestasi yang diraih siswa MAN 1 Lotim, menjadi bukti komitmen dan kualitas dari proses kegiatan belajar mengajar, termasuk pembinaan prestasi.

"Ini luar biasa. Dalam satu minggu ini, dua kejuaraan olimpiade akademik yang digelar Unram, tim siswa MAN 1 Lotim sukses bertengger di juara pertama," ujarnya. 


Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas prestasi siswa binaanya yang berhasil menjadi juara. 

"Prestasi ini buah dari proses pembinaan yang telaten dan penuh komitmen dari tim siswa MAN 1 Lotim termasuk study club ekonomi yang selalu kita kawal setiap jadwalnya," ujarnya.

Ia menuturkan, di MAN 1 Lotim ada 40-an ektrakurikuler yang dibentuk untuk membantu pengembangan minat bakat siswa untuk meraih prestasi. 

Dari 40-an ektra ini dikawal unsur pimpinan madrasah setiap hari sesuai jadwal dan hasilnya selalu meraih prestasi dalam setiap event kompetisi yang diikuti. 

Wathoni menambahkan, capaian prestasi siswa memang tidak mudah, harus ada dukungan total pihak madrasah mulai dari kontrol jadwal latihan.

Penentuan pembina yang kompeten, dukungan anggaran yang memadai, keikutsertaan dalam kompetisi dan reward pada setiap pencapaian prestasi siswa. 

"Alhamdulillah di MAN 1 Lotim, untuk pembiayaan lomba didukung penuh dari anggaran BOS madrasah," ucapnya.

Setiap hasil siswa ditebus oleh pihak madrasah melalui program tebus prestasi. Termasuk pada capaian prestasi tim ekonomi ini dapat hadiah jutaan dari Unram.  

"Kami juga tetap memberikan reward dari pihak madrasah sebagai bentuk motivasi pada siswa semakin giat serta ikhtiar merebut prestasi," katanya.

Apresiasi atas prestasi siswa MAN 1 Lotim ini juga datang dari kakanmenag Lotim H Sirojuddin yang menyampaikam apresiasinya pada capaian baik MAN 1 Lotim.

"Kita patut berbangga dengan torehan prestasi anak madrasah saat ini. Luar biasa karena bisa setara bahkan mengungguli siswa dari sekolah yang selama ini dikenal hebat," katanya. 

Ini menjadi bukti nyata bahwa madrasah sudah mampu mewujudkan visi dan jargon kementerian agama pada bidang pendidikan yakni madrasah mandiri berprestasi dan ini sudah lama ditunjukkan oleh MAN 1 Lotim.

Menurutnya, ini perlu menjadi contoh bagi madrasah lainnya agar kualitas madrasah bisa karena program yang digelontorkan pada madrasah sama mulai dari bos, TPG, insentif GBPNS, Bimtek dan lainnya

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments