Sekda Lotim Sebut Saran Dewan Sebagai Bahan Perbaikan Kerja Pemerintah - www.okenews.net

Selasa, 09 Mei 2023

Sekda Lotim Sebut Saran Dewan Sebagai Bahan Perbaikan Kerja Pemerintah

Sekda HM Juaini Taofik Wakili bupati sampaiakn LKPJ
Okenews.net – Sekda Lombok Timur HM Juaini Taofik mewakili bupati menyampaikan pidato Bupati Lombok Timur pada penutupan rapat paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2022.

Pada paripurna berlangsung Selasa (9/5) di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Lombok Timur, Sekda  menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD.

Termasuk kepada ketua dan seluruh anggota Pansus LKPJ atas kesediaannya membahas dan menyampaikan masukan maupun saran untuk peningkatan kinerja secara umum maupun perbaikan substansi LPKJ Bupati Tahun 2022.

Ia percaya rekomendasi, saran, dan masukan tersebut dapat menjadi bahan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan.

Sebelumnya dalam laporan gabungan Komisi DPRD Kabupaten Lombok Timur atas hasil pembahasan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lombok Timur tahun anggaran 2022 yang disampaikan M. Tohri Azhar diajukan 16 saran dan rekomendasi.

Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah terkait peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Direkomendasikan bupati untuk menggerakkan OPD pengelola PAD agar lebih meningkatkan kinerjanya terutama penagihan obyek sumber-sumber PAD, termasuk upaya ekstensifikasi sumber-sumber potensial PAD.

Terkait PAD ini, gabungan komisi menyoroti lemahnya sistem pandataan pemutakhiran data, penggolongan, penetapan, pengolahan basis data sistem pembayaran/penagihan dan pelayanan lainnya kepada wajib pajak dan wajib retribusi.

Karena itu direkomendasikan untuk melakukan reformasi administrasi perpajakan daerah dan memperbaiki basis data perpajakan.

Ditekankan pula perlunya peningkatan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi terkait anggaran dana transfer.

Disadari bahwa  Pemda memiliki beban ganda karena selain meningkatkan porsi kemandirian anggaran, juga harus meningkatkan capaian yang telah diproyeksikan.

Gabungan komisi  juga merekomendasikan evaluasi dan pengendalian secara berkala terhadap pelaksanaan pembangunan dan realisasi anggaran pembangunan sehingga dapat dipastikan bahwa seluruh perencanaan pembangunan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Kendati mengakui Pemda telah berhasil meningkatkan IPM dengan peningkatan harapan lama sekolah (HLS), rata-rata lama sekolah (RLS) serta peningkatan umur harapan hidup, termasuk pendapatan domestik regional bruto (PDRB).

Gabungan Komisi  merekomendasikan agar bupati menyusun strategi terpadu peningkatan IPM dengan melibatkan semua pemangku kepentingan sehingga memiliki  daya ungkit yang lebih besar.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments