Jelang Pemilu, Dinas Kominfo Lotim Imbau Masyarakat Tak Termakan Informasi Hoax - www.okenews.net

Rabu, 27 Desember 2023

Jelang Pemilu, Dinas Kominfo Lotim Imbau Masyarakat Tak Termakan Informasi Hoax

 

Dr. Fauzan, Kepala Dinas Kominfo Lotim
Okenews.net - Maraknya berita hoax yang beredar di tengah masyarakat Dinas Kominfo Lombok Timur imbau masyarakat untuk tidak terpengaruh oleh pemberitaan media yang tidak lengkap asal usulnya dan informasi yang beredar di media sosial untuk tidak dikonsumsi mentah-mentah tanpa mencari tau kebenaranya, terutama jelang Pemilu mendatang.

"Kita harapkan untuk masyarakat untuk tidak termakan berita dan informasi yang tidak benar, guna terciptanya gawai demokrasi yang damai," Kadis Kominfo Fauzan Fuad, Rabu, 27/12/2023

Bersama Bawaslu Kabupaten Lombok Timur Dinas Kominfo Lotim turut ambil bagian dalam pengamanan sistem informasi guna menyaring berita berita yang di sebarluaskan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tak hanya itu, Dinas Kominfo Provinsi juga telah memblokir dan menonaktifkan akun-akun yang dirasa meresahkan masyarakat. Hal itu dilakukan guna mengurangi sebaran informasi yang tidak akurat.

Fauzan menegaskan, banyaknya berita bohong yang membuyarkan informasi positif dan bisa mempecah belah masyarakat akan ditindak tegas. Diberikan sanksi yang sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Provinsi telah menghimbau, jika ditemukan berita-berita yang kurang baik tentang Pemilu khususnya, akan dilakukan penindakan, dengan melaporkan dan menjadikan postingannya sebagai bukti," ungkap Fauzan.

Ia mengakui, untuk mengawal pemilu ini memang mempunyai PR yang lumayan, dikarenakan maraknya pengguna media sosial, dan mudahnya akses membuat isu-isu terkait pemilu damai ini yang kadang runyam.

"Kami berharap kepada seluruh elemen masyarakat, untuk selalu waspada, dan jangan termakan berita bohong yang sumbernya tidak jelas, guna tercipanya pemilu dami dan gawai demokrasi yang aman dan tenteram," tutupnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments