Poltekpar Lombok Bekali Pengelola Homestay Desa Wisata Tete Batu Pelatihan SDM - www.okenews.net

Rabu, 06 Oktober 2021

Poltekpar Lombok Bekali Pengelola Homestay Desa Wisata Tete Batu Pelatihan SDM

Okenews - Poltekpar Lombok memberikan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap pengelola Desa Wisata Tetebatu Lombok Timur yang saat ini sedang mengikuti lomba desa wisata kelas dunia, selama dua hari mulai 3 Oktober 2021. 



Pelatihan dilaksanakan melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. “Tema yang kami angkat yaitu peningkatan kualitas SDM bagi pengelola Homestay di Desa Wisata Tetebatu," kata Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja, M.M.Par, Rabu (06/10/2021).


Herry,  menyampaikan Poltekpar Lombok sebagai institusi Pendidikan Vokasi di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki kewajiban melaksanakan fungsi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.


Program pengabdian merupakan program rutin yang laksanakan oleh dosen-dosen Poltekpar Lombok. Saat ini program pengabdian yang dilakukan di Desa Wisata Tetebatu sebagai bentuk dukungan Poltekpar Lombok dalam pengembangan kualitas SDM khususnya bagi pengelola homestay.


Sementara itu, Kadispar Provinsi NTB Yusron Hadi mengatakan bahwa, Pemerintah Provinsi NTB siap untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan beberapa stakeholder dalam pengembangan pariwisata khususnya desa wisata di NTB salah satunya dengan Poltekpar Lombok. 


"Apalagi saat ini kita ketahui bahwa Desa Wisata Tete Batu sedang mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh UNWTO (United Nation World Tourism Organization)," kata Yusron.


Dia berharap dengan adanya pelatihan SDM seperti ini mampu meningkatkan kualitas SDM dan juga sebagai salah satu penilaian dari UNWTO. "Dan kita berharap Desa Wisata bisa keluar sebagai juara," kata Yusron.


Pengabdian masyarakat Poltekpar Lombok  digelar selama 2 hari dengan 5 materi praktik yaitu, Prosedur Penyiapan Kamar Homestay, Pengolahan Makananan dan Penerapan Hygiene Sanitasi Pada pengolahan Makananan, Efektivitas Pelayanan dan Penyajian Makanan, Penggunaan Bahasa Inggris Dasar Dalam Pelayanan Tamu Homestay dan Teknik Fotografi Dasar.


Peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 30 orang yang terdiri dari perwakilan tiga desa yaitu Desa Tetebatu, Desa Tetebatu Selatan dan Desa Kembang Kuning. Turut hadir Kadispar Provinsi NTB, Kadispar Lombok Timur dan juga Kepala Desa Tetebatu. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments