Soal Rekrut Pekerja Kasar Hotel, Bajang Bagus: Catat...! SDM Kita Mumpuni - www.okenews.net

Rabu, 06 Oktober 2021

Soal Rekrut Pekerja Kasar Hotel, Bajang Bagus: Catat...! SDM Kita Mumpuni

Okenews - Setelah mendapat kecaman dari Solidaritas Warga Intern Mandalika (SWIM) dan Forum Masyarakat Peduli Keadilan (Formapi) NTB terkait rekrutmen tenaga kerja untuk posisi-posisi lower level managment atau pekerja kasar seperti tukang sapu, tukang cuci, dan tukang kebun, kini giliran anggota DPRD Lombok Tengah Komisi II, Adi Bagus Karya angkat bicara.



Bajang Bagus, sapaan Dewan Fraksi Demokrat itu menegaskan, jika masyarakat lokal, khususnya masyarakat daerah Selatan dan Lombok Tengah pada umumnya harus diberdayakan di tengah megahnya pembangunan di kawasan Kuta Mandalika saat ini. 


Menurutnya, pihak hotel harus membuka kran informasi seluas-luasnya untuk semua posisi yang ada. Bukan hanya posisi tingkat rendah saja. "Catat, Sumber Daya Manusia (SDM) kita cukup mumpuni. Kita mampu bersaing dengan orang luar sana," tegas Bajang Bagus saat ditemui di Ruang kerjanya, Rabu (06/10/2021).


Bajang Bagus berani menjamin serta mengadu kualitas SDM masyarakat Lombok Tengah. Pasalnya, masyarakat Lombok Tengah rata-rata berpendidikan dan memiliki skill di bidang perhotelan. 


"Tidak hanya lewat dunia pendidikan, skill mereka juga terlatih lewat pengalaman. Tidak sedikit masyarakat kita ini lulusan SMK, Poltekpar dan Universitas ternama yang sudah teruji kualitasnya. Harusnya itu dimanfaatkan oleh hotel-hotel di Mandalika itu," ujarnya.


Ia mengajak semua pihak mengawal ketat segala bentuk perekrutan yang ada di kawasan Mandalika. Jika lengah, ia khawatir hotel-hotel megah di kawasan Mandalika akan diisi orang-orang luar. 


"Tentu kita tidak ingin melihat masyarakat kita menjadi penonton di rumah sendiri. Untuk itu, jangan sampai kita lengah. Kita harus kawal ketat dan pastikan paling tidak 70 persen tenaga lokal diakomodir," ungkapnya.


Ditekankan, tujuan pembangunan tidak lain, tidak bukan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar. Untuk itu, pihak hotel dengan Pemerintah Daerah (Pemda) harus lebih intens menjalin koordinasi agar masyarakat lokal terjamin dan diakomodir untuk bekerja di sana.


"Semua pihak harus saling bahu membahu agar masyarakat kita diakomodir. Event World Superbike sebentar lagi terselenggara. Sebelum itu, maka kita harus kawal dari sekarang," Dewan Dapil Pujut - Praya Timur itu


Mulai hari ini, pihaknya mengajak semua pihak yang terlibat dalam dunia pariwisata khususnya seperti Mandalika Hotel Assosiation (MHA) menjembatani warga lokal untuk bekerja di hotel.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments