Dewi Intan, Siswi MAN Lotim Wakili NTB di Parlemen Remaja DPR RI - www.okenews.net

Rabu, 31 Agustus 2022

Dewi Intan, Siswi MAN Lotim Wakili NTB di Parlemen Remaja DPR RI

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni bersama Dewi Intan 
Okenews.net - Siswi MAN 1 Lombok Timur lulus sebagai peserta program Parlemen Remaja setelah seleksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Alhamdulillah, siswi kami ada yang lulus seleksi dan masuk mewakili NTB," ungkap Pembina Study Club Debat MAN 1 Lotim Hj Siti Surodiana, Rabu (31/08/2022).

Perlu diketahui, kata Dia, Setjen DPR RI melalui program Parlemen Remaja hadir dan mengedukasi para pelajar SMA sederajat terkait dinamika politik tanah air. 

Pemilihan peserta Parlemen Remaja ini  dilakukan dengan sistem seleksi nasional dengan tahapan seleksi yakni penilaian curriculum vitae, essai, dan vidio serta piagam prestasi. 

"Dan dalam seleksi ini salah satu siswi MAN 1 Lotim atas nama Dewi Intan yang saat ini masih duduk di kelas XII IPS2," ujarnya penuh kegembiraan.

Ia menuturkan, dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta Parlemen Remaja akan merasakan bagaimana menjadi anggota DPR RI.

Misalnya mereka dapat menemukan berbagai dinamika pengambilan keputusannya sehingga peserta akan teredukasi mengenai mekanisme perpolitikan di Indonesia. 

Dalam Parlemen Remaja 2022 mengusung tema Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku". Proses pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 19 Juli-19 Agustus 2022.  

"Kemudian panitia melakukan seleksi pada 20-29 agustus 2022 dan hasilnya diumumkan pada 30 Agustus 2022 kemarin," tuturnya. 

Adapun puncak kegiatan akan diilaksanakan pada 10-14 Oktober 2022 dengan lokasi kegiatan di Wisma Griya Sabha DPR RI jl Raya Puncak Cianjur No 477 Kopo Kecamatan Cisarua Bogor Jawa Barat. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya bahwa ketekunan siswanya dalam pengembangan minat bakat melalui ragam ektrakurikuler di MAN 1 Lotim telah menuai hasil terbaik. 

"Semoga Dewi Intan bisa memanfaatkan peluang ini untuk menimba ilmu dan pengalaman di DPR RI melalui program parlemen remaja ini," harapnya.

Lebih jauh lagi Wathoni mengatakan, para Anggota Parlemen Remaja yang dinyatakan lulus seleksi akan dibekali pengalaman yang dikemas secara menarik tentang perpolitikan. 

Menurut informasi, para anggota Parlemen Remaja nantinya akan diberi kesempatan selama lima hari untuk berperan sebagai anggota DPR. 

Mereka juga akan diperlakukan sebagai anggota parlemen remaja yang terhormat. Selama lima hari mereka mensimulasikan sebagai Anggota DPR dalam menjalankan tugas-tugasnya. 

"Mereka juga akan diberi pengalamam terkait mekanisme pembahasan Rancangan Undang-Undang, termasuk mensimulasikan rapat kerja dan rapat paripurna," Wathoni. 

Tak sampai di situ, layaknya anggota DPR, peserta Parlemen Remaja juga akan menjalankan fungsi pengawasan di antaranya dengan melakukan kunjungan kerja ke beberapa tempat. 

"Yang terpenting adalah, bagaimana mereka mendapat edukasi mengambil keputusan dalam sebuah rapat dan lainnya," tegas Wathoni. 

Karena menurutnya, mengambil keputusan di DPR bukanlah perkara mudah, karena ada pendapat-pendapat anggota DPR lainnya yang mewakili rakyat yang harus dihargai. 

"Pendapat-pendapat tersebut tak jarang bertolak belakang dengan keputusan yang akan diambil. Itu juga harus dihargai,” tutur Wathoni. 

Ia berharap, dari gelaran Parlemen Remaja ini, para peserta kelaknya menjadi duta parlemen yang menyosialisasikan seputar keparlemenan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Dengan harapan masyarakat mengerti dan memahami apa yang dikerjakan oleh wakil rakyat di Senayan,” pungkasnya.

Apresiasi juga datang dari Kanwil Kemenag NTB DR H Zaidi Abdad yang menyatakan kegiatan ini mengundang siswa-siswi seluruh Indonesia (SMA sederajat) untuk hadir di Jakarta (DPR) selama lima hari.

Mereka akan mendapatkan informasi dan edukasi terkait prinsip-prinsip dasar berdemokrasi dan keparlemenan,l.

"Meski melalui seleksi yang ketat, alhamdulillah untuk dapil NTB II semua peserta diwakili oleh siswa madrasah yakni MAN 1 Lotim dan MAN 1 Mataram," ucapnya.

"Kami apresiasi dan sangat mendukung program ini dan capaian prestasi siswa MAN 1 Lotim layak untuk dijadikan motivasi dan contoh bagi madrasah lainnya," sambungnya. 

Sementara itu Dewi Intan menyampaikan terima kasih pada dukungan dan bimbingan madrasah karena dengan dukungan total dari madrasah telah membuat siswa banyak menuai prestasi.

"Terima kasih juga atas dukungan dan do'a orang tua kami karena do'a merekalah segala urusan kami terasa tanpa hambatan," ucapnya.

Ia juga berjanji akan mengikuti kegiatan ini secara maksimal dan sudah menyiapkan diri dengan ragam isu terkait demokrasi, politik, dan persoalan rakyat yang layak disampaikan dalam kegiatan Parlemen Remaja.

"Terutama saat sesi dialog dengan anggota DPR RI," ungkap gadis asal Desa Jerowaru yang juga lulusan SDN 3 Jerowaru dan SMPN 4 Jerowaru dengan penuh optimis.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments