Tegas, Pathul Sebut Embung Bidadari Tidak Ditutup - www.okenews.net

Selasa, 30 Agustus 2022

Tegas, Pathul Sebut Embung Bidadari Tidak Ditutup

Pemda gelar rapat membahas Embung Bidadari
Okenews.net - Bupati Lombok Tengah Bupati Lalu Pathul Bahri menggelar rapat terkait dengan hasil uji laboratorium Dinas Kesehatan terhadap kandungan zat  e-coli pada air Embung Bidadari Desa Saba Kecamatan Janapria. 

Dalam rapat di Pendopo Bupati dihadiri Sekretaris Daerah,Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Bidangnya, Kapolsek Janapria, Camat Janapria, Kepala Desa Saba dan sejumlah tokoh masyarakat.

Pathul menegaskan pemerintah daerah tidak akan menutup embung tersebut sebab hal ini menyangkut keyakinan orang. “Mereka bukan orang bodoh, tetapi ini bicara keyakinan,.tak bisa kita larang orang yakin, karena masyarakat merasa yakin bisa sembuh," kata Bupati Selasa (30/8/2022).

Menurutnya, keyakinan masyarakat tentang khasiat dari Embung Bidadari itu adalah anugrah dari Allah SWT yang harus dipelihara dan dijaga.

Bahkan, kata Pathul, bila perlu buat jadi wisata religi. Sebab ada hal positif yang diperoleh masyarakat sekitar dengan berdagang dan parkir. 

Akan tetapi, berdasarkan hasil laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah  menunjukkan adanya bakteri e-coli yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Ini yang harus kita pikirkan solusinya, jangan sampai justru membahayakan manusia. Tanpa menutup usaha usaha masyarakat, terlebih lagi ada untuk amal Masjid maka harus dicarikan solusinya," ujarnya.

Untuk itu Bupati meminta kepada Kepala Desa dan masyarakat untuk membuat MCK dan tempat bilas. Selain itu harus ada himbauan tegas agar tidak buang hajat didalam dmbung sebab kotoran itulah yang membuat kandungan air ada bakteri e-coli nya. 

“Saya ingin ini berkelanjutan bila perlu waktu yang lama. Hanya saja perlu dipikirkan bagaimana air ini jadi bersih, sarana prasarana harus disiapkan, harus ada air yang mengalir," ungkapnya.

Jadi, disimpulkan bahwa pemerintah tidak akan menutup embung tersebut. Hanya saja perlu dipikirkan dampak kesehatan dari masyarakat.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments